Senin, 13 April 2009

SD Santa Maria


SD Santa Maria berdiri pada tanggal 1 Agustus 1948. Dari berdirinya sampai sekarang ini, ada banyak perkembangan yang sangat pesat dari SD Santa Maria. Dahulu bangunan SD masih terdiri dari bangunan-bangunan lama, tetapi sekarang telah berkembang sangat pesat menjadi bangunan-bangunan baru yang indah.

SD Santa Maria ini telah menjadi salah satu sekolah swasta terfavorit di Cirebon. Sekolah ini terkenal dengan kedisiplinannya dalam mendidik dan mengajar yang sangat baik. Guru-gurunya pun sabar dalam mengajar para anak didiknya sehingga SD Santa Maria pernah meraih sejumlah prestasi, diantaranya yaitu Lomba Matematika tingkat nasional. Ada pula dalam bidang olahraga, pernah meraih juara renang dan badminton tingkat nasional. Hasil belajar di Santa Maria Cirebon ini sangat memuaskan dan membanggakan. Lulusan anak didik dari Santa Maria ada yang menjadi dokter, insinyur, guru, atlet badminton, dll. Tentu kalian mengetahui Chandra Wijaya yang sekarang menjadi seorang atlet badminton, ia adalah salah seorang alumni dari SD Santa Maria Cirebon ini.

Yang pernah menjabat sebagai kepala sekolah di SD Santa Maria dari awal berdirinya SD ini yaitu Sr. M. Rusa OP, Sr. M. Magdalena OP, Sr. Anastasia OP, Sr. M. Hyacintha. W. OP, Sr. M. Patricia OP, Isdorus Mugito AN, dan sekarang ini yang menjabat sebagai kepala sekolah SD Santa Maria yaitu Sr. M. Karina Widiastuti OP. Jumlah guru di SD Santa Maria sekarang kurang lebih berjumlah 38 orang. Mereka semua telah sangat berjasa dalam mendidik dan mengajar para siswa.

Dalam memperingati ulang tahun SD Santa Maria yang ke-60, maka pada tanggal 1-2 Agustus 2008 diadakan acara basar untuk memeriahkan ulang tahun tersebut. Acara ini diadakan di halaman SD Santa Maria, basar ini sangat ramai dengan dimeriahkan oleh alumni-alumni dari SD Santa Maria yang sekarang duduk di bangku SMP dan SMA. Acara basar ini disiapkan selama empat hari oleh Pa Ignatius, Bu Nadia, Pa Frans dan tentunya dibantu oleh para siswa dan rekan guru lainnya.

Setelah saya mewawancarai beberapa guru dari SD Santa Maria, saya dapat membuat artikel ini dan para guru mempunyai kesan bahwa sekolah Santa Maria itu sekolah yang disiplin, dan tidak pandang bulu. Mereka juga berpesan semoga SD Santa Maria semakin maju, disegani, dan diminati oleh semua orang dan jadilah orang yang berguna bagi bangsa dan negara. Sedangkan kesan-kesan dari alumni SD Santa Maria, sekolahnya cukup disiplin, keras dalam mendidik, dan para gurunya memberikan perhatian kepada murid sehingga dapat merasa dekat dengan para guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar